GERAKAN PENGENDALIAN (GERDAL) HAMA PADI

Operator Desa 19 Januari 2023 09:25:34 WIB

Karangsari, 19 Januari 2023 (SIDA SAMEKTA) Bertempat Di Padukuhan Kweni, Kalurahan Karangsari, Kapanewon Semin. BPP Kapanewon Semin, PPL, Lurah Karangsari, Beserta Gapoktan Kalurahan Karangsari Melaksanakan Gerakan Pengendalian (Gerdal) serentak hama penyakit tanaman padi.

Diketahui Sebelumnya Bahwa Mayoritas Mata Pencaharian Penduduk Kalurahan Karangsari Adalah Petani, Maka Tidak Salah Di Hari Ini Dilaksanakan Gerakan Pengendalian Hama.

Selain Melaksanakan Gerakan Pengendali Hama, BPP Kapanewon Semin Memberikan Informasi Terkait Pengendalian Hama. diutamakan dengan musuh alami, obat olahan non kimia dan yang terakhir dengan obat kimia.

“Edukasi secara berkelanjutan perlu diberikan kepada para petani terkait hama penyakit yang menyerang tanaman dan bagaimana mengatasinya, dengan begitu petani akan mampu mengidentifikasi dengan baik mana yang disebut potong leher dan mana yang disebut penyakit xanthomonas. Potong leher disebabkan oleh jamur, sedangkan  xanthomonas disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu pengendaliannya pun berbeda disesuaikan dengan penyakit yang menyerang tanaman,” Kata Supriyana Lurah Karangsari Saat Ditemui Disela Kegiatan Gerdal Kali ini.

Dia mengatakan Kerjasama Antara Pemerintah Kalurahan, BPP, PPL, dan Gapoktan  menjadi salah satu ujung tombak peningkatan kapasitas petani. Petani yang mahir dan andal diharapkan mampu untuk mengolah lahan dan memanen komoditas yang ditanam secara optimal di tiap musim.

"Padi, jagung, cabai, dan sayuran, hasilnya akan memuaskan, berkualitas baik, bila petani punya kapasitas yang unggul, dengan modal tanah yang subur dan pengetahuan petani yang memadai, serta pekerja keras." Tutup Supriyana.

 

Komentar atas GERAKAN PENGENDALIAN (GERDAL) HAMA PADI

Nn 19 Januari 2023 10:03:17 WIB
Mantap Pak Lurah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

DESA KARANGSARI

SELAMAT DATANG DI WEBSITE

Cuaca

Tanggal

Maps